Selasa, 15 Maret 2016 | By: Prastzya

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ILMU SOSIAL DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ILMU SOSIAL DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

A.    Pengertian Ilmu Sosial dan Ilmu Pengetahuan Sosial
a.     Ilmu Sosial
Bahwa sumber dari semua ilmu pengetahuan adalah filsafat. Semua ilmu, baik ilmu –ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial pengembanganya bermula sebagai filsafat.
Berfilsafat didorong untuk mengetahui apa yang telah kita ketahui dan apa yang telah kita ketahui. Filsafat pada hakikatnya mempersoalkan hidup dan kehidupan manusia di dunia, misalnya apa arti hidup, apa tujuan hidup, apakah ada kehidupan sebelum dan sesudah kehidupan kita sekarang, dan sebagainya.
Berdasakan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, lahirnya ada 3 kelompok ilmu pengetahuan, yaitu:
1.     Natural sciences (ilmu-ilmu alamiah), meliputi: fisika, kimia, astronomi, biologi, dan lain-lain
2.     Social sciences (ilmu-ilmu sosial), terdiri atas: sosiologi, ekonomi, politik, antropologi, sejarah, psikologi, geografi, dan lain-lain
3.     Humanisties (ilmu-ilmu budaya), meliputi: bahasa, agama, kesusastraan, kesenian dan lain-lain.[1]
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan ke luar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
ISD memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial kepada mahasiswa, yang diharapkan akan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberikan alternatif pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat.[2]
Pengertian sosial menurut beberapa ahli
1.     Lewis
      Sosial adalah sesuatu yang dicapai dihasilkan dan diterapkan dalam interaksi sehari-hari.
2.     Keith Jacobs
      Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.
3.     Ruth Aylett
      Social adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi.[3]
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara ilmu sosial dengan ilmu sosial dasar  tidak terdapat perbedaan yang prinsipil sepanjang yang menyangkut konsep-konsep dasar atau pengetahuan ilmu-ilmu sosial.
b.     Ilmu Pengetahuan Sosial
      Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan-tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar dan menengah juga bidang studi yang merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial.
      Materi dari berbagai  disiplin ilmu sosial seperti Geografi, Sejarah, Sosiologi, Antropolgi, Psikologi Sosial , Ekonomi, Ilmu Politik, Ilmu Hukum, dan ilmu-ilmu sosial lainnya dijadikan bahan baku bagi pelaksanaan proram pendidikan dan pelajaran di sekolah dasar dan menengah.[4]


B.    Persamaan dan Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Persamaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
1.     Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran
2.     Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan pengetahuan social
Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
1.     Ilmu Sosial Dasar diberikan di perguruan tinggi sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan sekolah dasar dan sekolah lanjutan
2.     Ilmu sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual[5]
C.    Hubungan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)  dengan  Ilmu Sosial
1.     Hubungan Ilmu Pengetahuan Sosial             (IPS) dengan geografi
IPS mengambil materi geografi yang terkait dengan bumi, garis lintang, garis bujur, arah, jarak, lokasi ruang, kondisi ruang serta lingkungan, sumber daya alam. Serta interaksi antara manusia dengan lingkunganya.
2.     Hubungan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan ekonomi
Ilmu Pengetahuan Sosial mengambil materi ekonomi terkait dengan usaha manusia untuk mencapai kemakmuran dan gejala-gejala serta hubungan yang timbul dari usaha tersebut.
3.     Hubungan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan ilmu politik
Ilmu Pengetahuan Sosial mengambil ilmu materi ilmu politik yang membahas usaha manusia mengorganisasikan kekuasaan dalam mengatur manusia serta menyelenggarakan kepentingan rakyat dan bangsa.
4.     Hubungan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan ilmu sejarah
Ilmu Pengetahuan Sosial mengambil materi ilmu sejarah yang terkait dengan cara hidup manusia dilihat dari kurun waktu masa lampau.
5.     Hubungan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan antropologi
Ilmu Pengetahuan Sosial mengambil materi antropologi yang terkait dari kajian hasil budidaya manusia dalam menjaga eksistensinya dan usaha meningkatkan kehidupan baik aspek lahiriyah maupun bathiniyah.
6.     Hubungan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan sosiologi
Ilmu Pengetahuan Sosial mengambil materi sosiologi yang mempelajari masyarakat secara umum dan hubungan antara individu serta masyarakat tersebut.
7.     Hubungan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan psikologi sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial mengambil materi psikologi sosial terkait dengan mempelajari prilaku individu, kelompok, dan masyarakat yang dipengaruhi oleh situs sosial, pengetahuan, pemikiran, tanggapan dan psikulasi.
8.     Hubungan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan ilmu hukum
Ilmu Pengetahuan  Sosial mengambil materi ilmu hukum yang berkaitan dengan peraturan-peraturan tingkah laku dalam masyarakat yang ditetapkan oleh pemerintah.[6]
Hubungan Ilmu Pengetahuan sosial denagn Ilmu Sosial saling berkaitan. Keduanya berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia, kemudian kebutuhan dasar tersebut dapat dicapai dengan kegiatan dasar manusia.





[1] Drs. H.M. Arifin Noor, Ilmu Sosial Dasar (ISD), ( Bandung: CV PUSTAKA SETIA ) H. 20-21
[2] Ibid, h. 23-25
[3] http://mokingjay-art.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-tujuan-persamaan-dan.html
[4] Ibid, h. 21-22
[5] Ibid, h. 22-23
[6] http://cobah-ajah.blogspot.co.id/2012/01/hubungan-ips-dengan-ilmu-ilmu-sosial.html

2 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasi

Sin_ mengatakan...

terima kasih,sangat membantu

Posting Komentar